Sakit Gigi : Ke Dokter Gigi Atau ke Tukang Gigi?

Lee Welch 18 Nov , 2020 0 Comments Blogging

Di antara kalian tentu ada yang pernah mendengar istilah tukang gigi. Alih-alih ke dokter gigi, masih banyak orang yang lebih memilih ke tukang gigi apabila memiliki masalah pada giginya. Alasannya beragam, dari biaya yang murah, lokasi yang terjangkau, kenyamanan personal, hingga kepraktisan yang ditawarkan tukang gigi.

Dari banyaknya alasan tersebut, sudah pasti tukang gigi akan lebih ramai dibandingkan dengan dokter gigi sendiri. Namun banyak yang tidak meyadari bahwa pemeriksaan gigi di tukang gigi bisa jadi sangat berbahaya sehingga sangat tidak dianjurkan memeriksakan gigi ke sana.

Perawatan Gigi

Tukang gigi sendiri sebenarnya merupakan tenaga yang ahli dalam bidang memperbaiki masalah gigi berdasarkan pengetahuan turun menurun. Pada zaman dahulu, dokter gigi di Indonesia masih sangatlah minim sehingga pengobatan gigi banyak dilakukan oleh tabib cina. Dari tabib cina tersebut, ilmu tukang gigi terus turun menurun hingga sampai sekarang. Dari pengetahuan minim tersebut, mereka mencari peluang dengan cara membuka klinik tanpa izin yaitu tukang gigi.

Alasan tukang gigi dikatakan berbahaya adalah karena orang tersebut tidak memiliki izin resmi dari departemen kesehatan untuk mengadakan praktik gigi. Di samping itu, mereka juga tidak memiliki pengetahuan yang sesuai dengan kaidah medis sehingga sangat beresiko terjadi kecelakaan.  Ditambah lagi beberapa perawatan seperti pemasangan behel atau kawat gigi yang dikatakan lebih murah ternyata menggunakan bahan-bahan yang tidak standar medis.

Untuk itulah tukang gigi sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi masalah pada gigi Anda. Anda bisa memilih ke beberapa dokter gigi yang cukup murah tapi tetap terjamin, misalnya saja seperti dokter gigi Jogja.

Cara Memilih Dokter Gigi

Jika Anda sudah paham mengenai bahaya pemeriksaan gigi di tukang gigi, sekarang waktunya untuk memilih dokter gigi yang tepat untuk Anda. Ada beberapa pilihan yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilih dokter gigi yang tepat.

Pertama, pilihlah dokter gigi terdekat. Jika Anda berada di lokasi Jogja, Anda bisa memilih dokter gigi Jogja terdekat rumah, agar penanganan dan konsultasi dapat dilakukan dengan mudah. Kedua, pilihlah dokter gigi yang menjaga kebersihan, seperti memakai sarung tangan, baju operasi, alat yang sudah disterilkan, dan tempat yang bersih. Dan yang terakhir, pilihlah dokter gigi yang sudah memiliki banyak pengalaman. Cari info sebanyak-banyaknya mengenai dokter gigi tersebut atau bisa juga mengikuti rekomendasi dari rekan yang sudah berlangganan.

Beberapa dokter gigi Jogja bisa menjadi salah satu pilihan untuk kesehatan gigi Anda.

Written By Lee Welch